Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah


 Pembuluh Darah Tersumbat

darah tersumbatPenyebab Penyumbatan Pembuluh Darah - Penyumbatan pembuluh darah bisa berakibat sangat fatal, karena dapat menjalar ke penyakit lainnya seperti penyakit jantung, stroke, hingga mengakibatkan kematian. Penyumbatan pembuluh darah ini mengakibatkan kekurangan pasokan aliran da­rah pada otot jantung. Dari kekuarangan pasokan aliran tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri pada area dada (Angina Pectoris)  dan berakhir pada kematian.

Penyumbatan pembuluh darah ini dapat terjadi hampir di semua bagian tubuh, akan tetapi yang lebih  utama menyebabkan kematian adalah apabila terjadi penyumbatan pembuluh darah di jantung dan otak. Kalau terjadi di daerah jantung makan akan menyebabkan serangan jantung (Infark), sementara penyumbatan yang terjadi di daerah leher hingga otak akan menyebabkan penyakit stroke. Penyumbatan seperti itu juga dapat terjadi pada daerah kaki dan bahkan sampai pada ginjal, yang akhirnya bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

Lalu apa penyembab dari penyumbatan pembuluh darah?

Penyebab dari penyumbatan pembuluh darah tersebut adalah plak. Plak itu diibaratkan seperti saluran irigasi, dan pembuluh darah merupakan bagian dari sistem sirkulasi yang menyalurkan nutrisi, oksigen dan berbagai elektrolit yang dibutuhkan oleh sel dan organ di tubuh, juga berperan untuk membawa zat hasil sisa metabolisme. Aliran darah dalam pembuluh dapat terganggu oleh adanya endapan atau deposit lemak yang menempel di dinding dalam , hal yang seperti itulah yang disebut plak. 
Dinding pembuluh darah yang dipenuhi oleh plak akan menyempit dan apabila jumlahnya semakin banyak bisa menyebabkan penyumbatan. Dan proses tersebut mengakibatkan lapisan endotel menjadi rapuh. Apabila lapisan endotel pecah, maka akan terjadi penggumpalan darah  pada area tersebut, hingga menyumbat total pembuluh darah, Dr. Abbas menuturkan. “Diameter pembuluh darah yang menyempit lebih dari 50%, akan menyebabkan defisit aliran darah pada pembuluh tersebut.”






0 Response to "Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah"

Posting Komentar