Gejala, Penyebab, Penyakit Anemia (Kurang Darah)

Penyakit Anemia

penyakit anemia
Penyakit Kurang Darah - Kurang darah atau anemia merupakan keadaan dimana jumlah sel darah merah berada dibawah nilai normal. Sel darah merah yang berfungsi untuk menangkut oksigen dari paru-paru dan mengalirkannya ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi darah menjadi lancar. Jadi penyakit kurang darah bisa terjadi karena organ-organ yang seharusnya menerima asupan oksigen tidak mendapatkan asupan tersebut sehinggan organ tersebut menjadi tidak berfungsi dengan baik.
Banyak yang berpikir bahwa kurang darah (anemia) sama dengan darah rendah, hal ini jelas sangat berbeda sekali antara 2 penyakit tersebut. Darah rendah merupakan tekanan darah yang rendah sedangkan anemia adalah kurangnya sel darah merah pada tubuh.

Gejala

 Untuk gejala kurang darah atau anemia itu berbeda tergantung tingkatan anemia tersebut. Gejala anemia ringan terjadi secara perlahan seperti saat melakukan aktivitas. Namun untuk gejala anemia yang lebih berat terjadi secara cepat, seperti pada orang yang habis kecelakaan dan terjadi pendarahan yang hebat, sehingga menimbulkan gejala rasa lelah, pucat, lemah. Gejala lain dari anemia yang berat yaitu penderita merasa pusing, bahkan sampai pingsan. Anemia ini juga bisa menyebabkan kram pada tungka bawah dan nyeri saat berolahraga apalagi apabila seseorang mengalami gangguan sirkulasi darah pada tungkai nya.


Penyebab

Penyebab dari anemia :
  • Disebabkan oleh kehilangan darah/pendarahan, seperti akibat kecelakaan, pembedahan, wasir berdarah, bahkan akibat dari menstruasi yang banyak.
  • Disebabkan oleh kurangnya produksi sel darah merah, seperti akibat dari kekurangan vitamin, zat besi,  atau gangguan pada pembentukan sel darah,kekurangan mineral untuk memproduksi darah merah dan hemoglobin.
  • Disebabkan oleh rusaknya sel darah merah, seperti stres yang dapat mempengaruhi peredaran darah sehingga dapat mengakibatkan pecah secara prematur dan menyebabknya penyakit anemia hemolitik.

Faktor Resiko Terkena Anemia

  • Gangguan Usus
  • Menstruasi
  • Kurang Vitamin
  • Penyakit Turunan
  • Gangguan sirkulasi darah
  • Ibu Hamil
Apabila mengalami beberapa gejala seperti yang disebutkan diatas, segeralah periksakan diri ke dokter agar bisa dipastikan bahwa gejala tersebut merupakan gejala dari penyakit anemia atau bisa juga gejala yang mirip dengan penyakit anemia.

0 Response to "Gejala, Penyebab, Penyakit Anemia (Kurang Darah)"

Posting Komentar